Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) di Kelas IV SDN 20 Labuhan Tarok Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang

Sukma, Imelda (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) di Kelas IV SDN 20 Labuhan Tarok Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_IMELDA_SUKMA_1108266_5384_2017.pdf] Text
final_B1_06_IMELDA_SUKMA_1108266_5384_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa dalam pembelajaran
IPS yang masih rendah.Hal ini terjadi karena guru belum menggunakan model
yang bervariasi, kurangnya kerjasama antar siswa, dan siswa kurang bersemangat
mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan
model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) di Kelas IV SDN 20
Labuhan Tarok Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dalam dua siklus dengan 3
kali pertemuan.Subjek peneliti adalah peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV yang
berjumlah 27 orang.Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan
pada masimg-masing aspek : 1) RPP siklus I rata-rata 70,83% meningkat
menjadi 88,89% pada siklus II, 2) Aktivitas guru siklus I rata-rata 70,83%
meningkat menjadi 88,89% pada siklus II, 3) Aktivitas siswa siklus I rata-rata
70,83% meningkat menjadi 88,89% pada siklus II, 4) Hasil belajar siswa siklus I
rata-rata 73,53% meningkat menjadi 88,89% pada siklus II. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwapembelajaran IPS denganmenggunakan Model
Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas IV di SDN 20 Labuhan Tarok Kecamatan Bungus Teluk
Kabung Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:28
Last Modified: 12 Aug 2025 09:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21033

Actions (login required)

View Item
View Item