Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Bagi Siswa Kelas III SD Negeri 14 Tanjung Beringin Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman.

Rahmi, Aulia (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Bagi Siswa Kelas III SD Negeri 14 Tanjung Beringin Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_AULIA_RAHMI_56808_3212_2013.pdf] Text
final_B1_6_AULIA_RAHMI_56808_3212_2013.pdf

Download (719kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SDN 14 Tanjung Beringin Kecamatan Lubuk Sikaping. Penyebabnya adalah kurangnya penerapan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca pemahaman. Strategi yang sering digunakan adalah ceramah, diskusi, dan penugasan saja, selain itu kurangnya latihan membaca pemahaman dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil keterampilan membaca pemahaman melalui model pembelajaran TPS bagi siswa kelas III SD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan berdasarkan langkah penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti melakukan kolaborasi dengan guru kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 14 Tanjung Beringin Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, yang berjumlah 26 orang yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana satu siklus dua kali pertemuan dengan alokasi waktu 3x35 menit. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui model pembelajaran TPS pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian RPP siklus I adalah 67,85% sedangkan siklus II adalah 89,28%. Hasil yang dicapai dari 26 siswa selama belajar pada siklus I masih dikategorikan belum sepenuhnya berhasil, karena terlihat hasil belajar siswa dalam keterampilan membaca pemahaman pada siklus I rata-rata adalah 60%, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa dalam keterampilan membaca pemahaman bagi kelas III SDN 14 Tanjung Beringin Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca, Model Pembelajaran Think Pair Share
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:27
Last Modified: 12 Aug 2025 09:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21029

Actions (login required)

View Item
View Item