Yusmira, Endang (2011) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Tematik di Kelas II SDN 08 Parak Gadang Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ENDANG_YUSMIRA_07660_2011.pdf [thumbnail of final_B1_6_ENDANG_YUSMIRA_07660_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ENDANG_YUSMIRA_07660_2011.pdf
Download (327kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan bahawa pembelajaran yangdilakukan khususnya pada kelas rendah I, II dan III masih berlangsung pembelajaran secara bidang studi, sehingga peserta didik kurang mampu mengembangkan keaktifan dan pembelajaran dengan bidang studi ini tidak sesuai dengan karakteristik peserta didik pada kelas rendah yang sifatnya secara terpadu (holostik. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran tematik di kelas II SD.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli semester I tahun ajaran 2010/2011 di SD Negeri 08 Parak Gadang Kecamatan Padang Timur Kota Padang, dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas II berjumlah 40 orang, yang terdiri dari peserta didik laki-laki 27 orang dan peserta didik perempuan adalah 13 orang. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran tematik ini dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini terlihat dari pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir tindakan. Dimana dari aspek kognitif hasil belajar peserta didik terjadi siklus I ketutasan yang diperoleh ketuntasan 68 %, Siklus II meningkat menjadi 73 % dan siklus III juga mengalami peningkatan menjadi 86 %, sedangkan penilaian dari aspek afektif pada siklus I diperoleh ketuntasan pada siklus I 69 %, siklus II 73 % dan siklus III 80 %, selanjutnya penilaian dari aspek psikomotor diperoleh ketuntasan pada siklus I 68 %, siklus II 71, 25 % dan siklus III 80 %. Berdsarkan data tersebut maka hasil belajar yang diperoleh dengan menggunakan pendekatan pembelajaran ini dari siklus I sampai siklus III mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, pembelajaran tematik, aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotor. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mabruri Haulia Fadri |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:27 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 09:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21026 |