Apriyenti, Apriyenti (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran (PKn) Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams Achiement Divisition (STAD) Bagi Siswa Kelas IV SDIT Qurrata A’yun Kecamatan Lima Kaum. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_APRIYENTI_50823_2502_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_APRIYENTI_50823_2502_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_APRIYENTI_50823_2502_2012.pdf
Download (237kB)
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan dan data rekapitulasi nilai kelas IV pada akhir semester I tahun pelajaran 2011, nilai rata-rata mata pelajaran PKn berada pada posisi terendah, dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Untuk itu peneliti melakukan penelitian ini berusaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan melalui pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SDIT Qurrata A’yun kecamatan Lima Kaum. Pendekatan yang digunakan dalam pejneis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan karena pendekatan ini merupakan porsedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif beupa kata-kata tertulis ataupun lisan, sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan karena peneliti perlu untuk pengelolaan data, data yang diperoleh berupa angka-angka sebagai lambang dari peristiwa untuk mengukur hasil belajar siswa. Siswa yang diambil sebagai subjek penelitian adalah siswa yang duduk di kelas IV SDIT Qurrata A’yun kecamatan Lima Kaum yang berjumlah 30 orang. Data penelitian ini diperoleh dari hasill pengamatan, hasil tes dan refleksi dari yang peneliti lakukan dari setiap tindakan perbaikan melalui melalui pendekatan kooperatif tipe STAD. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama yang mencakup tiga ranah yaitu kognitif 65%, afektif 60,53% dan psikomotor 63,13%. Sedangkan siklus I pertemuan kedua memperoleh nilai kognitif 70%, afektif 69,20% dan psikomotor 67,93%. Dan siklus II pertemuan pertama mengalami peningkatan dimana hasil belajar siswa pada aspek kognitif 75%, afektif 79,93% dan psikomotor 78,56%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDIT Qurrata A’yun kecamatan Lima Kaum.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, PKn, STAD |
Subjects: | K Law > K Law (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:26 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 09:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21009 |