Pelaksanaan Baca Tulis Al-Quran di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al Yaman Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

Hati, Salmi (2011) Pelaksanaan Baca Tulis Al-Quran di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al Yaman Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SALMI_HATI_31151_128_2012.pdf] Text
final_B1_7_SALMI_HATI_31151_128_2012.pdf

Download (347kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di TK Islam Terpadu Al Yaman Kecamatan Lubuk Sikaping, dalam kenyataan peneliti melihat bahwa pelaksanaan baca tulis al-Qur‟an belum seimbang, karena pelaksanaan membaca al-Qur‟an dilaksanakan setiap hari, sedangkan kegiatan menulis al-Qur‟an hanya dilaksanakan satu kali setiap hati Jum‟at. Tujuan penelitian kualitatif adalah untuk mengambarkan bagaimana pelaksanaan baca tulis al-Qur‟an di TK dan sejauh mana usaha guru dalam pelaksanaan baca tulis al-Qur‟an.
Penelitian ini dilaksanakan dari pra penelitian pada bulan Juni dan Agustus 2011, dilanjutkan saat penelitian dimulai dari bulan September sampai bulan November 2011, serta diteruskan sudah penelitian sampai bulan Desember 2011. Alasan peneliti memilih tempat penelitian di TK Islam Terpadu Al Yaman adalah karena TK Islam Al Yaman terletak pada lokasi yang strategis, dan dilingkungan sekolah. TK Islam terpadu Al Yaman mempunyai beberapa program unggulan dan membeda dengan TK yang ada di Lubuk Sikaping seperti : Praktek Salat berjama‟ah 2 kali seminggu, yaitu hari selasa dan kamis. Serta TK Islam Terpadu Al Yaman memiliki metode pelaksanaan baca tulis al-Qur‟an yang berbeda yaitu metode qiro‟ati. TK Islam Terpadu Al Yaman mempunyai program tiap semester dan setiap tahunnya, kalau setiap semester mereka mengadakanu beberapa kegiatan bersama orang tua. Sedangkan setiap tahun mereka mengadakan pesantren kilat bagi semua peserta didik TK Al Yaman. Disamping itu semua guru TK Islam Terpadu Al Yaman adalah guru honor, akan tetapi mereka mempunyai motivasi untuk bersaing, hal ini terbukti dengan program pendidikan yang berjenjang peserta didik dimulai dari kelompok bermain, kelompok A dan kelompok B, dengan program pembelajaran berjenjang dan bersenambungan.
Berdasarkan hasil data penelitian, analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa TK Islam Terpadu Al Yaman dalam pelaksanaan baca tulis al Qur‟an menggunakan metode berbeda, hal ini dapat dibuktikan dalam kegiatan pelaksanaan baca tulis al-Qur-an. Seperti kegiatan klasikal membaca guru baca tulis memiliki lembaran program berjenjang membaca beberapa surat pendek, saat kegiatan diikuti oleh semua peserta didik atau bergabung semua peserta didik dimulai dari kelompok bermain,kelompok Adan kelompok B, dan kegiatan membaca secara privat guru baca tulis al-Qur‟an menggunakan metode qiro‟ati yang dilakukan selama 1 jam. Pada kegiatan menulis guru menggunakan beberapa buku menebalkan, mewarnai.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Baca tulis al-Qur’an, metode qiro’ati, pendidikan anak usia dini, TK Islam Terpadu, pembelajaran keagamaan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:25
Last Modified: 12 Aug 2025 09:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21007

Actions (login required)

View Item
View Item