Aprismawati, Aprismawati (2016) Penerapan Penggunaan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas II SD Negeri 14 Tanjung Alam Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_APRISMAWATI_59372_3737_2016 .pdf [thumbnail of final_B1_6_APRISMAWATI_59372_3737_2016 .pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_APRISMAWATI_59372_3737_2016 .pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya guru dalam proses pembelajaran tematik terpadu disebabkan hanya sebagian guru yang mampu menerapkan pembelajaran tematik terpadu sesuai dengan pendekatan yang seharusnya digunakan dan belum terbiasanya siswa dalam menemukan masalah pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan Saintifik di kelas II SD Negeri 14 Tanjung Alam Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri 14 Tanjung Alam Kota Bukittinggi dengan jumlah siswa 35 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada proses dan segala aspek dalam pembelajaran. Penilaian aspek guru pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 71,88%, pada siklus II meningkat menjadi 92,19%. Penilaian aspek siswa pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 73,43%, pada siklus II meningkat menjadi 93,62%. Penilaian terhadap proses dan hasil belajar pada siklus I diperoleh ratarata nilai 62,55, pada siklus II meningkat menjadi 83,44. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan Saintifik dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa di kelas II SDN 14 Tanjung Alam Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Tematik Terpadu |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:23 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 09:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20995 |