Saputra, Ilham (2020) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Example Non Example di Kelas IV SD Negeri 06 Titih Kecamatan Baso. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_ILHAM_SAPUTRA_16129176_137_2021.pdf [thumbnail of final_B1_06_ILHAM_SAPUTRA_16129176_137_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_ILHAM_SAPUTRA_16129176_137_2021.pdf
Download (776kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan
pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga
berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 06
Titih. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan penerapan
model Example Non Example di kelas IV SDN 06 Titih Kecamatan Baso.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 06 Titih Kecamatan Baso dengan
subjek penelitiannya adalah guru beserta peserta didik di kelas IV.
Penelitian dilakukan dalam jangka waktu 2 minggu. Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis
penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan
dalam 2 siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata 77,78% (C), dan pada siklus II
94,4% (A). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh
rata-rata yaitu 82,14% (B), dan pada siklus II 96,42% (A). Aspek peserta
didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 78,56% (C), dan pada siklus II
96,42% (A). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata
79,96(C) dan pada siklus II 92,31(A). Dengan demikian model Example
Non Example dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di
sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Example non Example, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:22 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 09:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20993 |