Asteriyana., Endang (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Kancing Gemerincing di Kelas Va SD Negeri 07 Sitapung Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ENDANG_ASTERIYANA_95248_874_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_ENDANG_ASTERIYANA_95248_874_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ENDANG_ASTERIYANA_95248_874_2013.pdf
Download (524kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 07 Sitapung bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mengeluarkan pendapat dan kurang berperan serta dalam proses pembelajaran sehingga siswa pasif dan mengakibatkan kurang memahami konsep-konsep pembelajaran IPS. Hal ini disebabkan guru masih dominan menggunakan metoda ceramah yang menganggap pelajaran IPS adalah hafalan.Tujuan penelitian ini adalah Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Kancing Gemerincing di Kelas Va SD Negeri 07 Sitapung Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan, meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas Vb sebagai observer. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa dan tes akhir pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Va SDN 07 Sitapung yang berjumlah 19 orang.
Hasil penelitian perencanaan siklus I pertemuan I persentase rata-rata 70%, perencanaan siklus I pertemuan II rata-rata 75% dan perencaan siklus II persentase menjadi 95%.Pelaksanaan siklus I pertemuan I persentase 67,5 %, pelaksanaan siklus I pertemuan II persentase 72,5 % dan pelaksanaan siklus II persentase 92,5%. Hasil Belajar siklus I pertemuan I dengan rata-rata 65,86 dan pada siklus I pertemuan II dengan rata-rata 76,33 sedangkan tes akhir siklus II persentase ketuntasan siswa siswa meningkat menjadi 82,43. Berdasarkan hasil dan temuan peneliti disarankan kepada guru kelas Va SDN 07 Sitapung Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam dalam pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, IPS, kooperatif, Kancing Gemerincing. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mabruri Haulia Fadri |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:22 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 09:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20991 |