Putri, Tessa Junita (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Scramble di Kelas IV SDN 03 Lagan Gadang Hilir, Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_TESSA_JUNITA_PUTRI_17129421_2791_2021.pdf [thumbnail of final_B1_06_TESSA_JUNITA_PUTRI_17129421_2791_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_TESSA_JUNITA_PUTRI_17129421_2791_2021.pdf
Download (825kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari observasi di SDN 03 Lagan Gadang Hilir, Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil observasi menunjukkan pembelajaran tematik terpadu kurang terlaksana dengan baik, dan masih dalam proses menuju penyempurnaan, pada pelaksanaannya guru juga belum menggunakan model pembelajaran yang menarik yang dapat membangkitkan semangat peserta didik sehingga peserta didik kurang antusias dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan bagaimana rencana, pelaksanakan, dan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Scrambledi kelas IV SDN 03 Lagan Gadang Hilir.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan,(2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 03 Lagan Gadang Hilir yang berjumlah 17 orang.Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, tes dan non tes.
Hasil penelitian siklus I pada RPP rata-rata 74,99% (C), meningkat pada siklus II menjadi 97,22% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru rata-rata 81,9% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 94,4% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas peserta didik rata-rata 81,9% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 94,4% (sangat baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata 64,37 (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 87,71 (sangat baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Scrambledapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran tematik Terpadu, Model Scramble. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:21 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 09:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20974 |