Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik dengan Metode Servqual,IPA, dan QFD

Ramadhani, Velya (2022) Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik dengan Metode Servqual,IPA, dan QFD. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_VELYA_RAMADHANI_18059044_1039_2022.pdf] Text
final_B1_7_VELYA_RAMADHANI_18059044_1039_2022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang dengan menggunakan metode Service Quality, Importance Performance Analysis (IPA), dan Quality Function Deployment (QFD). Pada penelitian ini digunakan 216 orang mahasiswa jurusan manajemen tahun angkatan 2018 dan 2019. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil perhitungan skor servqual, terlihat bahwa rata-rata gap menunjukkan nilai negatif yaitu -0,29. Hal ini menandakan bahwa secara keseluruhan pelayanan akademik bisa memenuhi harapan mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis IPA, terdapat 7 atribut yang berada pada kuadran 1 yang menjadi prioritas utama dalam proses perbaikan. Ketujuh atribut tersebut dilanjutkan dalam pengolahan data QFD yang mana menghasilkan 11 respon teknis yang bisa menjadi pertimbangan atau masukan bagi pihak jurusan manajemen guna meningkatkan pelayanan akademik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Service quality, Importance Performance Analysis, Quality Function Deployment
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1
Depositing User: Zul Fikri Haikal
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:21
Last Modified: 12 Aug 2025 09:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20969

Actions (login required)

View Item
View Item