Susanti, Ena (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan CTL di Kelas VI SD Negeri 48 Ganting Kecamatan Koto Tangah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ENA_SUSANTI_2017.pdf [thumbnail of final_B1_6_ENA_SUSANTI_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ENA_SUSANTI_2017.pdf
Download (984kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional yakni guru berceramah dari awal sampai akhir pelajaran. Aktifitas siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan mencatat hal-hal yang dianggap penting sehingga siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas VI.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaannya terdiri dari dua siklus, dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan melakukan refleksi pada masing-masing siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SDN 48 Ganting yang berjumlah 25 orang, terdiri dari 11 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki.
Hasil penelitian RPP pada siklus I dengan rata-rata 88.91% (baik) meningkat pada siklus II yaitu dengan rata-rata menjadi 96.21% (sangat baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 71.43% (cukup), meningkat pada siklus II yaitu dengan rata-rata menjadi 89.28% (sangat baik). Dari aspek siswa siklus I nilai rata-rata 71.43% (cukup) meningkat pada siklus II dengan rata-rata 91.07% (sangat baik). Hasil belajar siswa pada hasil penelitian siklus I adalah 69,55% (cukup), pada siklus II meningkat menjadi 80.45% (baik). Hal ini menunjukkan bahwa menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPA, kontekstual, CTL, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mabruri Haulia Fadri |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:21 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 09:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20967 |