Pengaruh PenggunaanMetode Bercerita Terhadap Kemampuan Matematika Anak di Taman Kanak-kanak Kartika 1-63 Padang

Kosasih, Pepri Dede (2014) Pengaruh PenggunaanMetode Bercerita Terhadap Kemampuan Matematika Anak di Taman Kanak-kanak Kartika 1-63 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_PEPRI_DEDE_KOSASIH_11957_2575_2014.pdf] Text
final_B1_7_PEPRI_DEDE_KOSASIH_11957_2575_2014.pdf

Download (531kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Taman Kanak-kanak Kartika 1-63 Padang bahwa kemampuan matematika anak belum berkembang dengan baik dikarenakan kurangnya kreatifitas guru dalam mengembangkan metode pembelajaran dan media yang digunakan guru kurang menarik bagi anak, sehingga berpengaruh terhadap kemampuan matematika anak. Untuk itulah penggunaan Metode Bercerita berpengaruh terhadap kemampuan matematika anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Bercerita terhadap Kemampuan Matematika Anak di Taman Kanak-kanak Kartika 1-63 Padang. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan matematika anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yang berbentuk Quasy Eksperimen. Populasi penelitian adalah anak Taman Kanak-kanak Kartika 1-63 Padang yang berjumlah 47 orang yang terbagi dalam 3 kelompok belajar dan teknik pengambilan sampelnya Purposive Sampling, yaitu kelompok B1 dan kelompok B2 masing-masingnya berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa pertanyaan sebanyak 9 butir pertanyaan dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan dan lembar kerja anak. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Hasil penelitian terlihat bahwa anak pada kelas eksperimen yang menggunakan Metode Bercerita memiliki nilai rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak pada kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan majalah. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh (7,59) lebih besar dari (2,04) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Bercerita memberi pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan matematika anak Di Taman Kanak-kanak Islam Kartika 1-63 Padang pada tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Kemampuan Matematika Anak, Taman Kanak-kanak, Quasi Eksperimen, Pembelajaran Anak Usia Dini, Uji t
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Putra Albestin
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:20
Last Modified: 12 Aug 2025 09:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20965

Actions (login required)

View Item
View Item