Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas V SDN 27 Pemancungan Padang Selatan

Gusti, Emylia (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas V SDN 27 Pemancungan Padang Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_EMYLIA_GUSTI_1108244_1978_2014.pdf] Text
final_B1_6_EMYLIA_GUSTI_1108244_1978_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran IPS yang masih berpusat kepada guru tanpa memotivasi dan membangun pengetahuan siswa, guru belum mengembangkan dan melatih sikap, nilai dan keterampilan siswa,, serta siswa tidak dapat menjalin kerjasama didalam kelompok selama proses pembelajaran sehingga hasil belajar yang diharapkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana rancangan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model Think Pair Share di kelas V SDN 27 Pemancungan Padang Selatan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 27 Pemancungan Padang Selatan yang terdaftar pada semester I tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data yang diperoleh melalui observasi dan hasil tes.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V. Hal ini terlihat pada: a) perencanaan dalam siklus I memperoleh persentase 78,50% meningkat menjadi 96,42% pada siklus II, b) pelaksanaan pembelajaran IPS dari aspek guru meningkat dari 76,25% pada siklus I menjadi 92,50% pada siklus II, pada aspek siswa meningkat dari 71,25% pada siklus I menjadi 87,50% pada siklus II, dan c) hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS mengalami peningkatan dari 75,00 dengan persentase ketuntasan 59,09% pada siklus I menjadi 87,32 dengan persentase ketuntasan 95,45% pada siklus II. Dengan demikian, terbuktilah bahwa penggunaan model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SDN Pemancungan Padang Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPS, Think Pair Share, hasil belajar, kooperatif.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:19
Last Modified: 12 Aug 2025 09:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20950

Actions (login required)

View Item
View Item