Putri, Mauliana Jenthamarli (2017) Peningkatan Hasil Pembelajaran IPS dengan Model Cooperatife Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas V SD Negeri 09 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_MAULIANA_JENTHAMARLI_PUTRI_1308817_5135_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_MAULIANA_JENTHAMARLI_PUTRI_1308817_5135_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_MAULIANA_JENTHAMARLI_PUTRI_1308817_5135_2017.pdf
Download (822kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pembelajaran IPS yang bersifat pasif, yang mana guru masih belum melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa cenderung pasif, merasa bosan dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran IPS dengan Model Cooperative tipe Group Investigation (GI) pada siswa kelas V SD Negeri 09 Bandar Buat Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitif dan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Penelitian ini meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 09 Bnadar Buat Kota Padang yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Penilaian RPP siklus I rata-rata 85,5% kualifikasi baik, pada siklus II 96% kualifikasi sangat baik. Penilaian pelaksanaan dari aktivitas guru pada siklus I rata-rata 77,26% kualifikasi baik dan pada siklus II 90,9% kualifikasi sangat baik. Penilaian pelaksanaan dari aktivitas siswa pada siklus I rata-rata 79,5% kualifikasi baik dan pada siklus II 93% kualifikasi sangat baik. Penilaian hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 76,85% kualifikasi baik dan pada siklus II 87,95% kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan model Cooperative tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V SD Negeri 09 Bandar Buat Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL PEMBELAJARAN IPS,MODEL COOPERATIVE TIPE GROUP INVESTIGATION |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 07:36 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 07:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20935 |