Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) di kelas V SD Negeri 25 Lubuk Alung Kab. Padang Pariaman

Ildawati, Ildawati (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) di kelas V SD Negeri 25 Lubuk Alung Kab. Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_ILDAWATI_1108359_241_2018.pdf] Text
final_B1_06_ILDAWATI_1108359_241_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran yang dilakukan belum
menggunakan model yang inovatif dan pembelajaran masih berpusat kepada guru
sehingga siswa banyak yang pasif dan bosan mengikuti pelajaran. Hal ini
menyebabkan hasil belajar IPS siswa rendah dan tidak memenuhi standar
ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPS dengan model Kooperatif tipe
TPS di kelas V SD Negeri 25 Lubuk Alung Kab. Padang Pariaman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian meliputi
rencana, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru
dan siswa kelas V berjumlah 32 orang Penelitian ini dilaksanakan dalam dua
siklus dan dilakukan secara kerjasama antara peneliti dan observer. Teknik yang
digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tahap-tahap model
Kooperatif tipe TPS, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata perencanaan siklus I
80,37% dengan kualifikasi Sangat Baik dan siklus II 96,42% dengan kualifikasi
Sangat Baik, rata-rata pelaksanaan siklus I aspek guru 78,13% dengan kualifikasi
Baik dan siklus II 93,75% dengan kualifikasi Sangat Baik dan rata-rata aspek
siswa siklus I 70,31% dengan kualifikasi Sangat Baik dan siklus II 87,5% dengan
kualifikasi Sangat Baik, dan hasil belajar siswa siklus I dengan rata-rata 73,43
dengan kualifikasi Baik, dan siklus II meningkat menjadi 78,15 dengan kualifikasi
Baik. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:55
Last Modified: 12 Aug 2025 06:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20919

Actions (login required)

View Item
View Item