Martalena, Martalena (2013) Peningkatan Hasil BelajarPendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas V SD 12 Ulak Karang Utara Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_MARTALENA_50756_3543_2013.pdf [thumbnail of final_B1_06_MARTALENA_50756_3543_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_MARTALENA_50756_3543_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar balakangi oleh pembelajaran PKn yang selama ini masih berpusat kepada guru sehingga berlangsung pembelajaran PKn yang membosankan, standar ketuntasan dalam pembelajaran PKn yang diinginkan belum tercapai. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan metode bermain peran di kelas V SD Negeri 12 Ulak Karang Utara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil tes evaluasi. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan metode bermain peran. Dari hasil perencanaan pembelajaran Siklus I pertemuan I yaitu 71% , pertemuan II yaitu 79%, siklus II pertemuan I menjadi 83. Nilai aktivitas guru Siklus I pertemuan I yaitu 70% , pertemuan II 77% , pada Siklus II pertemuan I yaitu 84%. Dari aktivitas siswa siklus I pertemuan I yaitu 66% pada pertemuan II yaitu 75% , Siklus II pertemuan I yaitu 84%. Hasil belajar siswa Siklus I pertemuan I yaitu 62% , pertemuan II yaitu 67% , Siklus II pertemuan I yaitu 79%. Dengan demikian, Metode Bermain Peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas V SDN 12 Ulak Karang Utara
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR PENDIDIKANKEWARGANEGARAAN, METODE BERMAIN PERAN |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:55 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20918 |