Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Padang

Batubara, Harun Arrasyid (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_08_Harun_ Arrasyid_ Batubara_06289_383_2013.pdf] Text
final_B1_08_Harun_ Arrasyid_ Batubara_06289_383_2013.pdf

Download (401kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa masih rendahnyahasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik. Materi pelajaran yangdisampaikan guru secara konvensional membuat siswa cenderung mencatat,sehingga banyak siswa yang mengantuk, bercerita dan melamun. Siswa seringmencontoh pekerjaan temannya tanpa diiringi rasa ingin tahu bagaimana caramendapatkan jawabannya. Untuk mengatasi masalah tersebut guru bisamenggunakan berbagai macam metode pembelajaran, salah satunya denganmenggunakan metode pembelajaran kontekstual. Tujuan penelitian ini adalahmeningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas(classroom action research) yang diterapkan pada siswa kelas X TP-A SMKNegeri 1 Padang dengan jumlah siswa 32 orang. Teknik pengumpulan data padapenelitian ini adalah dengan pengamatan terhadap guru dan siswa yang dilakukansetiap pertemuan menggunakan format pengamatan proses, serta tes yangdilakukan diakhir setiap siklus. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatifsementara data yang bersifan kuantitatif dianalisis dengan teknik penafsiran skoracuan kriteria (criterion reference test).Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kontekstualmeningkatkan hasil belajar siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus Isebesar 46,87% dengan nilai rata-rata 67,7, siklus II sebesar 71,87 % dengan nilairata-rata 72,8 dan pada siklus III sebesar 87,5% dengan nilai rata-rata 85,5.Persentase pada siklus III telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal minimal,jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual meningkatkan hasilbelajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL, GAMBAR TEKNIK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:55
Last Modified: 12 Aug 2025 06:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20917

Actions (login required)

View Item
View Item