Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 10 Lubuk Begalung Kota Padang

Putra, Ikhlas Wardhana (2021) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 10 Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_IKHLAS_WARDHANA_PUTRA_17129220_1797_2021.pdf] Text
final_B1_06_IKHLAS_WARDHANA_PUTRA_17129220_1797_2021.pdf

Download (991kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di SDN 10 Lubuk Begalung
Kota Padang bahwa Guru didalam pembelajaran belum maksimal menerapkan
model pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif, kurang antusias dalam
pembelajaran, dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini secara umum
ialah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model
pembelajaran cooperative learning tipe course review horay untuk meningkatkan
hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN10 lubuk
begalung kota padang.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 10 Lubuk Begalung Kota Padang.
Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan
jenis pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini
terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali
pertemuan. Prosedur penelitiannya meliputi perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer
dan sumber data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan
dokumen analisis, observasi, tes dan non tes. Intrumen penelitian yang digunakan
yaitu lembar penilaian rpp, lembar pengamatan aspek guru dan siswa, dan lembar
tes evaluasi. Data yang didapatkan dalam penelitian kemudian diolah dengan
menggunakan model analisis data kualitatif serta kuantitatif.
Perolehan hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa : (1) RPP
mengalami peningkatan dari siklus I yang memiliki persentase rata-rata 81,25%
dengan kualifikasi baik (B) menjadi 97,5% sangat baik (A) pada siklus ke-II. (2)
Pelaksanaan pembelajaran melalui aspek yang terlihat pada guru mengalami
peningkatan dari siklus I yang memiliki persentase rata-rata 83,65% dengan
kualifikasi baik (B) menjadi 96,15% sangat baik (A) pada siklus ke-II.
Sedangkan aspek yang terlihat pada siswa mengalami peningkatan dari siklus I
yang memiliki persentase rata-rata 81,72% dengan kualifikasi baik (B) menjadi
94,23% sangat baik (A) pada siklus ke-II. Terakhir (3) Hasil belajar siswa
mengalami peningkatan dari siklus I yang memiliki persentase nilai 72,74%
dengan kualifikasi baik (B) menjadi 89,03% sangat baik (A) pada siklus ke-II.
Dengan demikian model cooperative learning tipe course review horay telah
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di
kelas IV SDN 10 Lubuk Begalung Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Course Review Horay, Tematik Terpadu, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:54
Last Modified: 12 Aug 2025 06:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20908

Actions (login required)

View Item
View Item