Endriani, Vera (2013) Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Phonic di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_VERA_ENDRIANI_1110466_3743_2014.pdf [thumbnail of final_B1_7_VERA_ENDRIANI_1110466_3743_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_VERA_ENDRIANI_1110466_3743_2014.pdf
Download (824kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan Bahasa Inggris anak di Taman Kanak-kanak Talawi Kota Sawahlunto. Hal ini disebabkan karena metode dan media yang kurang bervariasi sehingga anak kurang mampu dalam pengucapan bahasa Inggris. Salah satu upaya untuk meningkatkan bahasa Inggris Anak melalui metode Phonic. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak melalui metode Phonic di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Talawi Kota Sawahlunto.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah anak Taman Kanak-kanak Aisyiyah Sawahlunto kelompok B3 sebanyak 14 orang, yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan bulan Mei – Juli 2013 dalam dua siklus dan dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan untuk setiap siklusnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan teknik persentase.
Hasil penelitian disetiap siklus menunjukkan adanya peningkatan anak dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak dari siklus I yang pada umumnya masih terlihat rendah, terjadi peningkatan pada siklus II Sangat Tinggi. Peningkatan kemampuan bahasa Inggris anak melalui Metode Phonic terlihat dengan tercapainya persentase keberhasilan anak, yang mana hasil rata-rata tingkat keberhasilan anak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan. Dengan menggunakan metode Phonic pembelajaran bahasa Inggris di TK Aisyiyah Sawahlunto dapat dilakukan secara menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Bahasa Inggris Anak, Metode Phonic, Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah Sawahlunto |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Zul Fikri Haikal |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:53 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20904 |