Saidah, Saidah (2015) Efektivitas Media Video Brainy Baby Terhadap Pengenalan Bahasa Inggris Anak di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_SAIDAH_1105800_2453_2015.pdf [thumbnail of final_B1_7_SAIDAH_1105800_2453_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_SAIDAH_1105800_2453_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 1 Padang, bahwa pengenalan Bahasa Inggris anak masih rendah. kurangnya strategi guru dalam pengenalan bahasa Inggris pada anak, kurangnya media yang mendukung pemahaman anak terhadap pengenalan bahasa Inggris dasar, sehingga menyebabkan kejenuhan pada anak. Selain itu permainan yang diajarkan oleh guru masih terlihat monoton untuk mengenalkan Bahasa Inggris pada anak yang biasa digunakan tiap tahunnya, yaitu melalui gambar, metode konvensional. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas Media Video Brainy Baby Terhadap Pengenalan Bahasa Inggris anak di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 1 Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yang berbentuk Quasy Eksperimen. Populasi penelitian adalah anak Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 1 Padang yang berjumlah 103 orang yang terbagi dalam 5 kelompok belajar dan teknik pengambilan sampelnya Purposive Sampling, yaitu kelompok B3 dan kelompok B4 masing-masingnya berjumlah 15 orang anak. Tekhnik pengumpulan data digunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah 86,4 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 70,4. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 4,923 dan ttabel sebesar 2,048 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 28. Maka dapat disimpulkan penggunaan Media Video Brainy Baby sangat efektif terhadap pengenalan Bahasa Inggris anak di Taman Kanak Kanak Kemala Bhayangkari 1 Padang tahun ajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media video Brainy Baby, pengenalan Bahasa Inggris, efektivitas pembelajaran, anak usia dini, Taman Kanak-Kanak. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education N Fine Arts > NE Print media P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:51 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20887 |