Nurmala Sari, Verla (2014) Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Gambar Seri di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Koto Merapak Kecamatan Sutera. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_VERLA_NURMALA_SARI_110619_4126_2014.pdf [thumbnail of final_B1_7_VERLA_NURMALA_SARI_110619_4126_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_VERLA_NURMALA_SARI_110619_4126_2014.pdf
Download (504kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kemampuan berbicara anak rendah. Hal ini disebabkan kurang mampunya anak dalam mengenal kata – kata yang diucapkannya. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan dalam kemampuan berbicara yang diberikan guru hanya melalui tanpa media. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui gambar seri di Taman Kanak – kanak Aisyiyah Koto Merapak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Koto Merapak. Subjek penelitian dikelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Koto Merapak tahun 2013/2014 sebanyak 20 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data digunakan adalah dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Manfaat dari penelitian ini adalah anak dapat berbicara dengan lancar dan tepat. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata persentase peningkatan kemampuan berbicara anak sebelum tindakan masih rendah. Pada siklus I pencapaian nilai rata-rata meningkat tapi belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) sedangkan pada siklus II peningkatan kemampuan berbicara anak meningkat dan mencapai rata-rata tingkat keberhasilan melebihi kriteria ketuntasan minimum yang telah ditetapkan. Hal ini menunjukan bahwa melalui gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak di di Taman Kanak kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Koto Merapak Kecamatan Sutera.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berbicara Anak, Gambar Seri, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Zul Fikri Haikal |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:47 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20858 |