Sari, Mareta Wulan (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 04 Lagan Gadang Hilir Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_MARETA_WULAN_SARI_18129067_6315_2022.pdf [thumbnail of final_B1_06_MARETA_WULAN_SARI_18129067_6315_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_MARETA_WULAN_SARI_18129067_6315_2022.pdf
Download (746kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran tematik terpadu yang kurang terlaksana dengan baik, pada pelaksanaannya guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif, hal ini berpengaruh pada hasil belajar peserta didik yang masih rendah, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian didahului dengan perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas V sebanyak 25 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif.Data kualitatif dapat diperoleh dari hasil belajar peserta didik. Data kuantatif berupa hasil pengamatan observasi dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasi belajar tematik terpadu dari sikkus I ke siklus II, Hasil penelitian siklus I pada RPP rata-rata 79,16% (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 97,22% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru rata-rata 81,24% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 95,83% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas siswa rata-rata 81,24% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 95,83% (sangat baik). Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 78,96 (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 91,05 (sangat baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, PROBLEM BASED LEARNING (PBL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 01:37 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 01:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20820 |