Iftiah, Mardhatul (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Model Concept Sentence di Kelas IV A SD Negeri 09 Koto Luar Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_MARDHATUL_IFTIAH_1304966_4604_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_MARDHATUL_IFTIAH_1304966_4604_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_MARDHATUL_IFTIAH_1304966_4604_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran menulis karangan narasi di kelas IV A SD Negeri 09 Koto Luar Kota Padang dilatar belakangi dimana siswa merasa kesulitan dalam memadukan kemampuan berfikir dan kemampuan berimajinasi ke dalam bentuk karangan. Selanjutnya siswa kesulitan dalam penggunaan ejaan dengan benar sehingga karangan yang dihasilkan masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada tahap pramenulis, menulis, dan pascamenulis pada siswa kelas IV A SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan II siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Kegiatan penelitian ini meliputi kegiatan pengamatan awal serta penyusunan rancangan, kegiatan pelaksanaan penelitian yang terdiri dari tahap pramenulis, menulis, dan pascamenulis. Peneliti bertindak sebagai penyaji/praktisi dalam proses pembelajaran, sedangkan sebagai pengamat adalah guru kelas IV A SD dan teman sejawat. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas IV A SDN 09 Koto Luar Kota Padang yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 13 laki-laki dan 11 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukan peningkatan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi, dapat dilihat pada siklus I tahap pramenulis 63,4 %, tahap menulis dan tahap pascamenulis 61.1%, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi tahap pramenulis 89%, tahap menulis dan tahap pascamenulis 82,8%. Berdasarkan pernyataan di atas maka rata-rata keberhasilan tindakan dalam kreteria pada siklus II adalah 85.8% berada dalam kreteria sangat baik. Bardasarkan hasil penelitian Siklus I dan Siklus II menunjukan bahwa penggunaan model concept sentence dalam pembelajaran menulis karangan narasi di kelas IV A terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI, MODEL CONCEPT SENTENCE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 01:37 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 01:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20819 |