Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas V SDN 26 Air Tawar Timur, Kota Padang

Arizna, Tessa Dety (2019) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas V SDN 26 Air Tawar Timur, Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_TESSA_DETY_ARIZNA_14129280_1039_2019.pdf] Text
final_B1_06_TESSA_DETY_ARIZNA_14129280_1039_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang belum optimal dalam melaksanakan kegiatan menulis karangan narasi di kelas V SDN 26 Air Tawar Timur Kota Padang. Terlihat dari karangan siswa, dimana siswa belum bisa membedakan topik dengan judul karangan, kurang bisa mengembangkan karangan, keruntutan alur belum terlihat, penggunaan pilihan ejaan serta tanda baca belum benar, dan tidak adanya penyuntingan dan perbaikan karangan siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan pendekatan kontekstual siswa kelas V SDN 26 Air Tawar Timur Kota Padang pada tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan.
Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedurpenelitianberupaperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa pelaksanaan dan pengamatan pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan pendekatan kontekstual pada tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan penilaian portofolio. Penelitian dilaksanakan pada semester Itahun ajaran 2018/2019. Subjekpenelitian adalahguru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas VSDN 26 Air Tawar Timur Kota Padang.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa siklus I pada tahap prapenulisan 91,1, tahap penulisan 63,2, tahap pascapenulisan 62,7. Nilai rata-rata aktivitas guru 72,7% dan aktivitas siswa 63,6%. Nilai rata-rata siswa siklus II pada tahap prapenulisan 94,7, tahap penulisan 73,5, tahap pascapenulisan 80,7. Nilai rata-rata aktivitas guru 95,5% dan aktivitas siswa 95,5%.Dengan demikian dinyatakan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karangan narasi, pendekatan kontekstual, sekolah dasar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:37
Last Modified: 12 Aug 2025 01:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20816

Actions (login required)

View Item
View Item