Khatimah, Husnil (2017) Pengaruh Penggunaan Pendekatan Kontruktivisme Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Di Kelas V SD Negeri 27 Anak Air Kota Padang (Quasy Experiment). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_HUSNIL_KHATIMAH_1300548_5094_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_HUSNIL_KHATIMAH_1300548_5094_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_HUSNIL_KHATIMAH_1300548_5094_2017.pdf
Download (650kB)
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam
menemukan ide-ide, siswa masih kurang dalam memilih larik-larik yang tepat,
dan kurangnya kemampuan siswa dalam menyusun larik-larik ke dalam bentuk
sebuah puisi, sehingga puisi yang dihasilkan kurang menarik salah satu
pendekatan yang dapat dikembangkan untuk mengaktifkan siswa dalam menulis
puisi adalah penggunaan pendekatan konturktivisme, tujuan penelitian ini adalah
mengetahui pengaruh yang signifikan pendekatan kontruktivisme akan
memberikan pengaruh dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa.
Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi
experimen) menggunakan desain The Non-Equivalent Posttest-Only Control
Group Design. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 27 Anak Air Kota Padang
yang memiliki tiga kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling. Instrument penelitian yang dilakukan melalui tes ujuk kerja.
Nilai tes akhir dianalisis dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas
sehingga analisis data yang digunakan adalah uji t (t-tes).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen
yang menggunakan pendekatan kontruktivisme adalah 76,61, dan nilai rata-rata
kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dan diskusi adalah 68,37.
Berdasarkan perhitungan uji t (t-test) diperoleh thitung 2,13 sedangkan ttabel pada
taraf kepercayaan α 0,05 dan dk = 60 diperoleh t(0,05;60) = 2,00, sehingga thitung >
ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat nilai yang lebih tinggi
pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol dan dari analisis data
dihasilkan perbedaan yang signifikan antara dua kelompok, dengan begitu terbukti
bahwa pendekatan kontruktivisme efektif digunakan untuk mengembangkan
keterampilan menulis puisi di kelas V SD Negeri 27 Anak Air kota Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Kontruktivisme, Menulis Puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 01:33 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 01:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20790 |