Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Cooperative Learning Tipe Group Investigasi (GI) di Kelas V SDN 06 Padang Besi Lubuk Kilangan

Febriyanti, Febriyanti (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Cooperative Learning Tipe Group Investigasi (GI) di Kelas V SDN 06 Padang Besi Lubuk Kilangan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_FEBRIYANTI_11907_5902_5902_2013.pdf] Text
final_B1_06_FEBRIYANTI_11907_5902_5902_2013.pdf

Download (872kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa hasi belajar IPS di kelas V
SDN 06 Padang Besi masih rendah, karena dalam pembelajaran IPS terpusat pada
guru sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran IPS menggunakan cooperative learning tipe Group
Investigasi (GI) di kelas V SDN 06 Padang Besi Lubuk Kilangan.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses pembelajaran IPS
menggunakan cooperative learning tipe GI di kelas V SDN 06 Padang Besi
Lubuk Kilangan berjumlah 22 orang. Prosedur penelitian terdiri dari,
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan
dalam 2 siklus, siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan siklus II satu kali
pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: (a) RPP siklus I adalah
71,42%, pada siklus II meningkat 85,71%, (b) Pelaksanaan pembelajaran dari
aspek guru, pada siklus I 70% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II, dan pada
aspek siswa siklus I 57,5% meningkat pada siklus II menjadi 80%, (c) Hasil
belajar siswa pada siklus I 66,31 meningkat menjadi 78,98, dengan kualifikasi
baik. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan terlihat adanya peningkatan
keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa penelitian
menggunakan cooperative learning tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar IPS
siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:33
Last Modified: 12 Aug 2025 01:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20788

Actions (login required)

View Item
View Item