Syafira, Husni (2020) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Serta Hubungan Pangkat Dua Dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV SD Gugus IX Kecamatan Koto Tangah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_HUSNI_SYAFIRA_2978_16129325_2978_2020.pdf [thumbnail of final_B1_06_HUSNI_SYAFIRA_2978_16129325_2978_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_HUSNI_SYAFIRA_2978_16129325_2978_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi dilapangan
bahwa selama proses pembelajaran siswa mengalami kesulitan dalam memahami
materi matematika serta siswa tidak aktif pada pembelajaran yang disampaikan
oleh guru. Pembelajaran matematika yang dominan dilaksanakan dengan metode
konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar keliling dan luas
bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di Kelas IV
SD Gugus IX Kecamatan Koto Tangah Tahun Ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen.Statistik penelitian ini
menggunakan statistik parametrik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas IV SD Gugus IX Kecamatan Koto Tangah yang terdiri dari 5 sekolah.
Penarikan sampel ini dengan Cluster Sampling diperoleh SDN 27 Anak Air kelas
IV a sebagai kelas kontrol dan SDN 27 Anak Air Kelas IV c sebagai kelas
eksperimen. Instrumen penelitian ini adalah Tes pilihan ganda. Teknik analisis
data yang digunakan adalah T-test.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata postest hasil belajar
keliling dan luas bangun datar dengan menggunakan model Discovery Learning
pada kelompok eksperimen sebesar 87,92 dan kelompok kontrol yang tidak
menggunakan model Discovery Learning sebesar 69,58. Ini berarti rata-rata
kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Dari hasil
perhitungan t-test diperoleh thitung 3,933 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan
0,05 dan dk = 58 adalah 1,67155. Berarti thitung > ttabel sehingga Ha diterima.
Dengan demikian, terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil
belajar keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar
pangkat dua di Kelas IV SD Gugus IX Kecamatan Koto Tangah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 01:31 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 01:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20780 |