Ayustina, Syalsa (2020) Pengaruh Model Polya terhadap Hasil Belajar Soal Cerita FPB dan KPK Siswa Kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_SYALSA_AYUSTINA_16129412_4229_2020.pdf [thumbnail of final_B1_06_SYALSA_AYUSTINA_16129412_4229_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_SYALSA_AYUSTINA_16129412_4229_2020.pdf
Download (715kB)
Abstract
Dalam penelitian ini latar belakang yang ditemukan peneliti adalah siswa masih kesulitan dalam memahami dan menemukan informasi dalam soal cerita, guru belum mengarahkan langkahlangkah yang sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga berdampak pada rendahnya hasil pada soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model polya terhadap hasil belajar soal cerita faktor persekutuan terbesar dan kelipatan persekutuan terkecil di kelas IV SD Negeri Gugus II Kecamatan Tilatang Kamang Agam.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen berbentuk Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas IV SDN 13 Gadut sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN 11 Gadut sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes yaitu tes uraian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji t (t-test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model polya terhadap hasil belajar soal cerita Faktor Persekutuan Terbesar dan Kelipatan Persekutuan Terkecil di kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Tilatang Kamang Agam. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t (t-test) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 7,45> ttabel = 1,68. Hasil belajar matematika yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean kelompok kontrol = 74 dan mean yang diperoleh kelompok eksperimen = 85,39.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model polya, hasil belajar, matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 01:31 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 01:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20774 |