Andasari, Aprillia (2016) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Pendekatan Inkuiri di Kelas V SDN 21 Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_APRILLIA_ANDASARI_09751_3549_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_APRILLIA_ANDASARI_09751_3549_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_APRILLIA_ANDASARI_09751_3549_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di SD bahwa proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru sering mengajar dengan menggunakan metode ceramah sehingga siswa menjadi kurang aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan pendekatan Inkuiri. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 21 Lubuk Lintah kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Sedangkan instrument penelitiannya adalah lembar pengamatan dan lembar tes Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 21 Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang.Jika dilihat dari perencanaan pembelajaran masing-masing siklus,pada siklus I dengan persentase 74,5% dengan kriteria (C) dan pada siklus II 93% dengan kriteria (SB).Sedangkan dari pelaksanaan pada siklus I dari aspek guru persentase yang dicapai 76,5% dengan kriteria (B) pada siklus II 92% dengan kriteria (SB) dan dari aspek siswa persentase yang dicapai pada siklus I 62,5% dengan kriteria (C) dan pada siklus II 92% dengan kriteria (SB).Dari hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 75% dengan kriteria (C) dan terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II dengan persentase ketuntasan 91% dengan kriteria (SB).Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belaja, IPA, Pendekatan Inkuiri |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 01:30 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 01:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20768 |