Hubungan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas V SD Negeri 24 Ujung Gurun

Handayani, Husnaini (2017) Hubungan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas V SD Negeri 24 Ujung Gurun. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_HUSNAINI_HANDAYANI_1300541_5000_2017.pdf] Text
final_B1_06_HUSNAINI_HANDAYANI_1300541_5000_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan
masalah matematis merupakan dua kemampuan yang harus ada pada setiap siswa
dalam mempelajari matematika. Sementara itu, penyebab kegagalan dalam
pembelajaran matematika adalah siswa kurang mampu memahami konsep
matematis dan kurang mampu memecahkan persoalan matematika. Oleh sebab itu
permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah, “Apakah kemampuan
pemahaman konsep matematis berhubungan dengan kemampuan pemecahan
masalah matematis pada materi perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan
siswa di kelas V SD Negeri 24 Ujung Gurun?”
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional (associational research),
dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel. Penelitian ini
menggunakan metode korelasi product moment dengan teknik analisis regresi
sederhana. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 24 Ujung Gurun pada
semester dua 2017. Subjek penelitian sebanyak 59 orang, menggunakan teknik
sampling jenuh. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan koefisien
korelasi Pearson (r),koefisien determinasi, regresi linier sederhana, dengan taraf
signifikan 5%(0,05).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep
matematis memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa pada materi perkalian dan pembagian berbagai bentuk
pecahan di kelas V SD Negeri 24 Ujung Gurun. Dengan hasil koefisien korelasi
yaitu 0,73, maka diperoleh (5,57) > (1,645) dengan α = 0,05 (5%),
koefisien penentu 52,78% regresi linier sederhana Y = 11 + 0,85X. Dapat
disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis terbukti memiliki
hubungan yang signifikan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa di kelas V SD Negeri 24 Ujung Gurun.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:28
Last Modified: 12 Aug 2025 01:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20765

Actions (login required)

View Item
View Item