Efektivitas Permainan Benteng-bentengan Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi Tarusan

Nancy, Riska Febria (2016) Efektivitas Permainan Benteng-bentengan Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_RSIKA_FEBRIA_NANCY_1205121_1147_2016.pdf] Text
final_B1_7_RSIKA_FEBRIA_NANCY_1205121_1147_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektivitas permainan Benteng-bentengan terhadap perkembangan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi Tarusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah anak Taman Kanak-kanak Pertiwi Tarusan dan dengan teknik pengambilan sampel cluster sampling, yaitu kelompok B1 dan B2 yang masing-masing berjumlah dua belas orang anak. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa pernyataan sebanyak lima butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakan dokumentasi dan observasi. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Berdasarkan analisis datal, diperoleh rata-rata hasil tes kelas eksperimen adalah delapan puluh empat koma enam puluh enam dan SD enam koma sembilan puluh dua. Hasil penelitian terlihat bahwa anak pada kelas eksperimen yang menggunakan permainan benteng-bentengan memiliki nilai rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak pada kelas kontrol yang menggunakan permainan kucing dan tikus. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung lebih besar dari pada t tabel, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan benteng-bentengan berpengaruh terhadap kemampuan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi Tarusan, semester satu pada tahun ajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: permainan Benteng-bentengan, motorik kasar, anak usia dini, quasi eksperimen, TK Pertiwi Tarusan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:27
Last Modified: 12 Aug 2025 01:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20753

Actions (login required)

View Item
View Item