Sahnom, Rozi Izatul Yazidah (2014) Perkembangan Moral Dalam Penerapan Disiplin Pada Anak di Taman Kanak-kanak Iqra’ Tunggul Hitam Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_ROZI_IZATUL_YAZIDAH_SAHNOM_11970_576_2014.pdf [thumbnail of final_B1_7_ROZI_IZATUL_YAZIDAH_SAHNOM_11970_576_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_ROZI_IZATUL_YAZIDAH_SAHNOM_11970_576_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ada anak yang kurang disiplin dalam mentaati peraturan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana perkembangan moral dalam penerapan disiplin pada anak di Taman Kanak-kakak Iqra’ Tunggul Hitam Padang. Bentuk atau cara pelaksanaan penerapan disiplin pada anak, terdiri dari: memlihara kebersihan lingkungan, berbicara sopan, menghormati guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perkembangan moral anak dalam penerapan disiplin yang diterapkan di Taman Kanak-kanak Iqra’ Tunggul Hitam Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanak Iqra’ Tunggul Hitam Padang. Informan penelitian ini adalah guru atau wali kelas B2 dan anak-anak di TK Iqra’ Tunggul Hitam Padang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh selama penelitian.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Perkembangan Moral dalam Penerapan Disiplin Pada Anak di Taman Kanak-kanak Iqra’ Tunggul Hitam Padang telah berkembang dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari sebagian besar anak dapat memelihara kebersihan lingkungannya dengan baik, seperti membuang sampah pada tempatnya dan membantu guru merapikan peralatan yang telah dipakai. Selanjutnya dalam berbicara sopan, juga menunjukkan bahwa perkembangan moral anak dalam penerapan disiplin juga dapat berkembang dengan baik, pada saat anak berbicara dengan guru dan teman-temannya anak telah berbicara dengan lemah lembut. Dalam kegiatan menghormati guru, juga dapat berkembang dengan baik. Ini terlihat saat datang dan pulang sekolah anak bersalaman dengan guru. Dalam menghormati guru saat kegiatan di sekolah, anak juga dapat mendengarkan dan mengamati dengan baik, meskipun masih ada beberapa orang anak yang masih berbicara saat belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan moral, disiplin anak, TK Iqra’ Tunggul Hitam, pendidikan anak usia dini, deskriptif kualitatif |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 01:27 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 01:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20751 |