Mairini, Mairini (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) di kelas IV SD Negeri 08 Batang Anai Kab. Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_MAIRINI_1108327_5278_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_MAIRINI_1108327_5278_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_MAIRINI_1108327_5278_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran yang dilakukan belum menggunakan model yang inovatif dan pembelajaran masih berpusat kepada guru sehingga siswa banyak yang pasif dan bosan mengikuti pelajaran. Hal ini menyebabkan hasil belajar PKn siswa rendah dan tidak memenuhi standar ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran PKn dengan model Kooperatif tipe TPS di kelas IV SDNegeri 08 Batang Anai Kab. Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan dilakukan secara kerjasama antara peneliti dan observer. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tahap-tahap model Kooperatif tipe TPS, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata RPP siklus I 80,37% dan siklus II 96,42%, pelaksanaan siklus I aspek guru 78,13% dan siklus II 93,75% dan aspek siswa siklus I 70,31% dan siklus II 87,5%, dan hasil belajar siswa siklus I dengan rata-rata 73,34 , dan siklus II meningkat menjadi 78,15. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 08 Batang Anai. Kab. Padang Pariaman
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN PKn, MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 01:26 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 01:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20747 |