Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 1V SDN 01 Pasa Tangah Kecamatan 2X11 Kayu tanam

Husni, Mailul (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 1V SDN 01 Pasa Tangah Kecamatan 2X11 Kayu tanam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_MAILUL_HUSNI_1305059_3960_2017.pdf] Text
final_B1_06_MAILUL_HUSNI_1305059_3960_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh sistem pembelajaran yang dipakai guru tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, guru cenderung memakai metode ceramah hal tersebut mengakibatkan siswa kurang tertarik dan kurang berpartisipasi dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPS siswa IV SDN Gugus III Kecamatan 2X11 Kayu Tanam tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 01 Pasa Tangah Kecamatan 2X11 Kayu Tanam yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA dan kelas IVB. Teknik pengambilan sampel menggunakanteknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas IVA sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Gugus III Kecamatan 2X11 Kayu Tanam. Hal ini dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) diperoleh t hitung (3,82) > t tabel (1,68). Hasil belajar IPS yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean 81 dan mean yang diperoleh kelompok kontrol sebesar 72,2. Jadi hipotesis yang diajukan dapat diterima

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW, PEMBELAJARAN IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:26
Last Modified: 12 Aug 2025 01:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20745

Actions (login required)

View Item
View Item