Murni, Rosmita (2015) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Kartu Warna Berhuruf Di PAUD Amaliah Sumpur Kudus. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_ROSMITA_MURNI_1209629_403_2016.pdf [thumbnail of final_B1_7_ROSMITA_MURNI_1209629_403_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_ROSMITA_MURNI_1209629_403_2016.pdf
Download (657kB)
Abstract
Kemampuan membaca anak di Paud KB Amaliah Sumpur Kudus Selatan masih tergolong rendah, hal ini dilihat dari kemampuan anak membaca huruf, mengulang kalimat sederhana, kemampuan menyebutkan kata-kata yang dikenal, selain itu pemakaian media dan metode yang kurang menarik dan bervariasi. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca anak yaitu melalui permainan kartu warna berhuruf, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui Permainan Kartu Warna Berhuruf.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah Anak PAUD KB Amaliah Sumpur Kudus Selatan Kabupaten Sijunjung Kelompok Kupu-kupu (4-5) jumlah anak 10 orang dan waktu penelitian pada bulan Mei sampai Juni 2014 dan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan dilaksanakan tiga kali pertemuan setiap siklusnya, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembaran observasi dan dokumentasi berupa foto, data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan teknik persentase.
Hasil penelitian disetiap siklus menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak dalam meningkatkan kemampuan membaca anak terlihat dengan tecapainya persentase keberhasilan anak yang mana hasil rata-rata tingkat keberhasilan anak mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang diharapkan dapat disimpulkan bahwa dengan permainan Kartu Warna Berhuruf dapat meningkatkan kemampuan membaca anak
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca, permainan kartu warna berhuruf, anak usia dini, penelitian tindakan kelas. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 01:26 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 01:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20742 |