Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V SDN 13 Cingkariang, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam

Syafrina, Syafrina (2018) Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V SDN 13 Cingkariang, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_SYAFRINA_1300414_2322_2018.pdf] Text
final_B1_06_SYAFRINA_1300414_2322_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasari rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan model pembelajaran khususnya pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan sehingga dalam proses belajar mayoritas siswa masih pasif dan kurang berinteraksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen design dengan bentuk nonequivalen control group design. Dengan tujuan untuk menyelidiki ada tidaknya hubungan sebab-akibat, berapa besar hubungan sebab- akibat tersebut dengan cara memberikan perlakuan-perlakuan tertentu pada beberapa kelompok eksperimen dan menyediakan kelompok kontrol untuk perbandingan. Penelitian ini dilakukan di SD Negri 13 Cingkariang Kecamatan Banuhampu pada kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Instrument penelitian yang dilakukan melalui tes tertulis dengan dengan jenis objektif dengan bentuk pihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya beda. Teknik analisis data yang digunakan adalah membandingkan perbedaan dari dua rata-rata nilai dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas sehingga dilakukan dengan uji-t (t tes) dengan taraf 5% (0,05).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 59,52 dan rata-rata nilai pretest kelas kontrol sebesar 60,8. Sedangkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 68,16 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 62,72. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-tes) diperoleh thitung sebesar 2,26 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 adalah sebesar 1,67722, sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:30
Last Modified: 11 Aug 2025 06:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20729

Actions (login required)

View Item
View Item