Peningkatan Kemampuan Anak dalam Berkomunikasi Lisan Melalui Cerita Gambar Seri di Taman Kanak-Kanak Wathnil Ummi Padang

Farlinda, Rosma (2016) Peningkatan Kemampuan Anak dalam Berkomunikasi Lisan Melalui Cerita Gambar Seri di Taman Kanak-Kanak Wathnil Ummi Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_ROSMA_FARLINDA_1209584_791_2016.pdf] Text
final_B1_7_ROSMA_FARLINDA_1209584_791_2016.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam berkomunikasi Lisan, hal ini disebabkan karena tidak cocoknya metode untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan anak. Tujuan penelitian ini meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan anak dalam kegiatan pembelajaran yang menyenangkan yaitu guru bercerita dengan gambar seri yang dapat menumbuhkan minat anak untuk berkomunikasi secara langsung.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan untuk anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Wathnil Ummi Tahun ajaran 2014 2015 sebanyak 12 orang anak yang terdiri dari 8 anak perempuan, 4 anak laki laki. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu berupa observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik persentase. Penelitian ini mempunyai manfaat langsung terhadap perubahan Peningkatan kemampuan anak dalam berkomunikasi lisan.
Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukan adanya peningkatan kemampuan berkomunikasi lisan anak, dari siklus 1 pada umumnya kemampuan anak masih terlihat rendah dan dilanjutkan pada siklus II perkembangan kemampuan berkomunikasi lisan anak menjadi lebih meningkat, terlihat dengan tercapainya persentase tingkat keberhasilan anak sehingga hasil rata-rata kemampuan berkomunikasi lisan anak melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berkomunikasi lisan, gambar seri, metode bercerita, anak usia dini, penelitian tindakan kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:29
Last Modified: 11 Aug 2025 06:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20728

Actions (login required)

View Item
View Item