Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture di Kelas IV SDN 10 Sungai Pasak Kota Pariaman

Felasiah, Felasiah (2020) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture di Kelas IV SDN 10 Sungai Pasak Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_FELASIAH_16129316_3967_2020.pdf] Text
final_B1_06_FELASIAH_16129316_3967_2020.pdf

Download (843kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah
dan dalam proses Proses pembelajaran masih berpusat pada guru sepeti kurikulum
sebelumnya dimana peserta dididk hanya menerima dan mendengarkan apa yang
di sampaikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu
menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture di kelas
IV SDN 10 Sungai Pasak Kota Pariaman yang meliputi; a) Perencanaan; b)
Pelaksanaan; c) Hasil belajar.
Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1
pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan
peserta didik kelas Kelas IV SDN 10 Sungai Pasak Kota Pariaman yang
berjumlah 9 peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan
rata-rata 77,77% (baik) dan siklus II 94,4% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada
aspek guru siklus I dengan rata-rata 81,21% (baik) dan siklus II 93,72% (sangat
baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata
81,19% (baik), dan siklus II 96,87% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta
didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 63,9
dan siklus II dengan rata-rata 86. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa dengan model kooperatif tipe Picture And Picture dapat meningkatkan
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:27
Last Modified: 11 Aug 2025 06:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20716

Actions (login required)

View Item
View Item