Herlina, Feni (2013) Peningkatan Hasil Belajar Pengurangan Bilangan Cacah dengan Pendekatan Matematika Realistik di Kelas II SD Negeri 18 V Koto Timur Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_FENI_ HERLINA_57005_5122_2013.pdf [thumbnail of final_B1_06_FENI_ HERLINA_57005_5122_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_FENI_ HERLINA_57005_5122_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan di lapangan
pembelajaran di kelas II Sekolah Dasar (SD) belum menggunakan
pendekatan realistik. Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar di
SD Negeri 18 V Koto Timur bahwa guru kelas II SD mengajarkan
matematika belum menggunakan metode yang bervariasi. Contoh soal
yang diberikan tidak dekat dengan kehidupan siswa. Akibatnya hasil
belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan
mendapatkan informasi tentang pembelajaran dengan pendekatan realistik
untuk meningkatkan hasil belajar matematika yang meliputi: (1)
perencanaan, (2) pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan
inti, dan kegiatan akhir, dan (3) hasil belajar.
Subjek penelitian adalah peneliti (praktisi) dan siswa kelas II yang
berjumlah 10 orang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
kualitatif yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu
perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini
berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh
dari hasil pengamatan, hasil wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan
dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian siklus I pada perencanaan yaitu pada RPP dengan
persentase 77% dan meningkat pada siklus II menjadi 82%. Pada
pelaksanaan dari aktivitas guru siklus I diperoleh persentase76% dan
meningkat di siklus II menjadi 87%. Pada aktivitas siswa siklus I
diperoleh persentase 72% dan meningkat di siklus II menjadi 81%. Hasil
belajar siswa siklus I dengan persentase 69% dan meningkat di siklus II
menjadi 79%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
matematika dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 06:27 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 06:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20715 |