Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SDN 33 Rawang Barat, Kota Padang

Putri, Suyadmi Indah (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SDN 33 Rawang Barat, Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_SUYADMI_INDAH_PUTRI_1300550_5126_2017.pdf] Text
final_B1_06_SUYADMI_INDAH_PUTRI_1300550_5126_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemukan di lapangan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn masih kurang memuaskan serta pembelajaran yang masih didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan pada mata pelajaran PKn yang salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Model NHT ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa secara individu dan untuk memperbaiki hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 33 Rawang Barat Kota Padang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperiment. Penelitian dilakukan di SDN 33 Rawang Barat Kota Padang. Pada kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa. Instrrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan rumus Kuder dan Richardson ke-20 (KR-20) untuk uji reliabilitas instrumen. Uji Kolmogorov- Smirnov digunakan untuk menguji normalitas data, uji Bartlett digunakan untuk menguji homogenitas data dan uji t digunakan untuk menguji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) adalah 82,03 dengan standar deviasi 8,83 dan nilai rata-rata kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 78,30 dengan standar deviasi 11,73. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung = 2,55 dan harga ttabel dengan dk = 59 dan α = 0,05 yaitu 2,01. Hal ini berarti thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 33 Rawang Barat Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, hasil belajar.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:27
Last Modified: 11 Aug 2025 06:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20713

Actions (login required)

View Item
View Item