Dwita, Feni (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SD Negeri 57 Air Dingin Kec. KotoTangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_FENI_DWITA_56842_27_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_FENI_DWITA_56842_27_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_FENI_DWITA_56842_27_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses
pembelajaran guru belum merumuskan dan menegaskan masalah pembelajaran
dan guru belum mencari fakta pendukung dalam merumuskan hipotesis
pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dalam mengukuti proses pembelajaran.
Hal tersebut dapat berpengaruh besar pada siswa, siswa kurang mampu dalam
merumuskan masalah dalam pembelajaran, siswa banyak yang belum aktif, dan
jenuh dalam pembelajaran bahkan disaat guru memberikan pelajaran yang
mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian adalah untuk
peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan
model PBL di Kelas V SDN 57 Air Dingin Kecamatan Koto Tangah Padang.
Penelitiandilaksanakan di kelas V SDN 57 Air Dingin, dengan jumlah siswa
20 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif,
dengan jenis (PTK), Penelitian dilakukan dua siklus, dengan tahap perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Langkah-langkah pembelajaran dengan
menggunaan model Problem Based Learning.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Peningkatan dapat
dilihat dari: (1) Pelaksanaan pembelajaran siklus I perolehan nilai 76,78% dengan
kriteria B meningkat menjadi 94,42% dengan kriteria SB, (2) Pelaksanaan
pembelajaran aspek guru siklus I perolehan nilai 79,67% dengan kriteria B
meningkat menjadi 85,90% dengan kriteria SB, pelaksanaan aspek siswa siklus I
perolehan nilai persentasenya adalah 73,45 dengan kriteria C meningkat menjadi
87,5 dengan kriteria SB, dan (3) Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh
nilai rata-rata 70,17% dengan kriteria C, meningkat nilai pada siklus II menjadi
81,86% dengan kriteria B. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based
Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di
kelas V SDN 57 Air Dingin.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 06:27 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 06:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20712 |