Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat, Kota Padang

Suryanti, Suryanti (2017) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat, Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_SURYANTI_1308828_5227_2017.pdf] Text
final_B1_06_SURYANTI_1308828_5227_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peneitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama rendah di bawah KKM 78. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning di kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat Kota Padang.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari duu siklus, dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berupa data hasil pengamatan dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan tes dengan instrumen berupa lembar observasi dan lembar tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan mengalami peningkatan sebagai berikut: (1) Penilaian rata-rata RPP siklus I yaitu 80,35% dengan kualifikasi baik (B), pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata yaitu 91,06% dengan kualifikasi sangat baik (SB). (2) Penilaian pelaksanaan pembelajaran aspek guru pada siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 82,14% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 94,63% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pada aspek siswa siklus I dari nilai rata-rata yaitu 82,14% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata yaitu 94,63%, kualifikasi sangat baik (SB). (3) Pada hasil belajar siswa siklus I dari nilai rata-rata 74,49, meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 90,19. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Penjumlahan Pecahan, Pecahan Berpenyebut Tidak Sama.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:26
Last Modified: 11 Aug 2025 06:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20698

Actions (login required)

View Item
View Item