Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Siswa Kelas V SD Negeri Gugus IV Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam

Ijrah, Sumarnur (2018) Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Siswa Kelas V SD Negeri Gugus IV Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_SUMARNUR_IJRAH_1300535_1381_2018.pdf] Text
final_B1_06_SUMARNUR_IJRAH_1300535_1381_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang ditandai dengan perasaan malas belajar, kurang memperhatikan saat guru menjelaskan materi pembelajaran, tidak memiliki gairah dalam belajar, lingkungan yang kurang kondusif, serta kurangnya keterampilan guru sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus IV Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang ditandai dengan perasaan malas belajar, kurang memperhatikan saat guru menjelaskan materi pembelajaran, tidak memiliki gairah dalam belajar, lingkungan yang kurang kondusif, serta kurangnya keterampilan guru sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus IV Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populaasi dalam penelitian ini sebanyak 159 siswa dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 61 siswa. Penarikan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan program komputer SPSS 16. Teknik analisis data tersebut terdiri dari uji coba instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji linieritas) dan uji hipotesis.
Dari analisis data yang dilakukan diperoleh nilai Pearson Correlation sebesar 0,936 dan r tabel dengan df= 59 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,2521 , yang artinya r hitung lebih besar dari r tabel (0,936 > 0,2521). Dan nilai signifikansi yang didapatkan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bawah ada terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus IV Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:24
Last Modified: 11 Aug 2025 06:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20685

Actions (login required)

View Item
View Item