Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 13 Kecamatan V Koto Timur, Kabupaten Padang Pariaman

Sulpanri, Sulpanri (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 13 Kecamatan V Koto Timur, Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_SULPANRI_1209386_721_2018.pdf] Text
final_B1_06_SULPANRI_1209386_721_2018.pdf

Download (805kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran yang dilakukan belum menggunakan model yang inovatif dan pembelajaran masih berpusat kepada guru sehingga siswa banyak yang pasif dan bosan mengikuti pelajaran. Hal ini menyebabkan hasil belajar IPA siswa rendah dan tidak memenuhi standar ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPA dengan pendekatann PBL di kelas IV SDN 13 Kecamatan Koto Timur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian meliputi rencana, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan dilakukan secara kerjasama antara peneliti dan observer. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tahap-tahap pendekatan PBL, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) perencanaan siklus I 80,35% dan siklus II 96,42%, b) pelaksanaan siklus I aktifitas guru 76,78% dan siklus II 96,42% dan aktifitas siswa siklus I 73,21% dan siklus II 92,85%, dan c) hasil belajar siswa siklus I dengan rata-rata 75,90 , dan siklus II meningkat menjadi 83,76. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Problem Based Learning, Pembelajaran IPA.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:24
Last Modified: 11 Aug 2025 06:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20684

Actions (login required)

View Item
View Item