Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri di Kelas IVB SDN 17 Pakan Kurai Kota Bukittinggi

Hikmah, Hikmah (2016) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri di Kelas IVB SDN 17 Pakan Kurai Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_HIKMAH_1200569_1200569_400_2017.pdf] Text
final_B1_06_HIKMAH_1200569_1200569_400_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru kurang melakukan kegiatan
orientasi, guru kurang merumuskan suatu permasalahan yang ada di lingkungan
sekitar siswa, dan guru kurang melakukan kegiatan mengajukan hipotesis dalam
proses pembelajaran sehingga membuat suasana kelas membosankan dan
menimbulkan berbagai aktivitas yang tidak penting di luar pembelajaran dan hal
ini membuat siswa kurang mampu memecahkan masalah dan menemukan sendiri
jawaban dari permasalahannya secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan
strategi pembelajaran inkuri di kelas IVB SDN 17 Pakan Kurai Kota Bukittinggi.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah
siswa kelas IVB SDN 17 Pakan Kurai Kota Bukittinggi sebanyak 19 siswa.
Penelitian dilaksanakan dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1)
perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi.
Hasil dari penelitian ini meningkatkan pada: a) RPP siklus I rata-rata
86,05% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,8% (AB). b) pelaksanaan pada
aspek guru siklus I rata-rata 81,25% (B), meningkat pada siklus II menjadi 93,7%
(AB), c) pelaksanaan pada aspek siswa siklus I rata-rata 77,05% (C), meningkat
pada siklus II menjadi 91,65% (AB). Dengan demikian, strategi pembelajaran
inkuiri mampu meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas IVB
SDN 17 Pakan Kurai Kota Bukittinggi

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:37
Last Modified: 11 Aug 2025 02:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20661

Actions (login required)

View Item
View Item