Insani, Suci Nurul (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 2 Menggunakan Model Active Learning Tipe Team Quiz di Kelas V SDN 05 Koto Tangah Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_SUCI_NURUL_INSANI_16129273_4227_2021.pdf [thumbnail of final_B1_06_SUCI_NURUL_INSANI_16129273_4227_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_SUCI_NURUL_INSANI_16129273_4227_2021.pdf
Download (441kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses belajar siswa yang masih rendah dikarenakan kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran dan RPP yang dibuat guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Active Learning Tipe Team Quiz.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Sekolah Dasar yang berjumlah 18 siswa. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, observasi, tes, dan non tes.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada : a) perencanaan pembelajaran: yaitu siklus I pertemuan 1 adalah 79,54 % dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi 88,63 %. Rata-rata perolehan Siklus 1 adalah 84,08 % (baik) dan meningkat pada siklus II 93,18% (Sangat Baik). b) pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari aktivitas guru dimana siklus 1 pertemuan 1 adalah 81,25 % dan pertemuan 2 87,5 %. Rata perolehan siklus 1 adalah 84,37% (Baik ) dan meningkat pada siklus II 93,75 % (Sangat Baik), serta Hasil penilaian aspek peserta didik siklus I pertemuan 1 mendapat perolehan 79,16 % dan pertemuan 2 meningkat 87,5 %. Rata-rata perolehan siklus 1 adalah 83,33% dan meningkat pada siklus II 91,66%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Active Learning Tipe Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model active learning tpe team quiz, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:37 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20657 |