Penggunaan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas V SDN 02 V Koto Kampung dalam

Febriani, Hesti (2017) Penggunaan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas V SDN 02 V Koto Kampung dalam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_HESTI_FEBRIANI_93614_1946_2017.pdf] Text
final_B1_06_HESTI_FEBRIANI_93614_1946_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil refleksi awal peneliti mengajar di
kelas V SDN 02 V Koto Kampung Dalam bahwa pembelajaran PKn yang
dilaksanakan guru masih menggunakan pembelajaran yang konvensional yaitu
yang berperan aktif dalam pembelajaran adalah guru. Hal ini berdampak pada
rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasinya diperlukan pembelajaran yang
menarik dan bervariasi, salah satunya adalah pembelajaran dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Tujuan penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan
hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI)
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V
dengan jumlah siswa 24 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik
observasi dan tes.
Hasil penelitian terhadap perencanaan pembelajaran siklus I diperoleh rata-rata
adalah 91,06 % meningkatan pada siklus II menjadi 96,42%. Hasil pengamatan
terhadap pelaksanaan pembelajaran kegiatan guru siklus I diperoleh rata-rata
83,75% meningkatan pada siklus II menjadi 97,5%. Hasil pengamatan terhadap
pelaksanaan kegiatan siswa siklus I diperoleh rata-rata 81,25% meningkatan pada
siklus II menjadi 97,5%. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata yaitu
68,6. Pada siklus II dengan rata-rata 82,25. Jadi dapat disimpulkan pembelajaran
PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 11 Aug 2025 01:55
Last Modified: 13 Aug 2025 03:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20656

Actions (login required)

View Item
View Item