Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV SD Agnes-Teresia Padang Kec Padang Barat

Malau, Patar Maida (2013) Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV SD Agnes-Teresia Padang Kec Padang Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_PATAR_MAIDA_MALAU_56954_6707_2013.pdf] Text
final_B1_7_PATAR_MAIDA_MALAU_56954_6707_2013.pdf

Download (469kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa hasil belajar peserta didik dalam pembelajran IPS masih rendah. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran masih konvensional, peserta didik hanya pasif mendengarkan apa yang disampaikan, guru kurang membimbing peserta didik dalam belajar kelompok. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan menggunakan empat tahap tindakan, yaitu: perencanaan, pelaksanan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan mengunakan model analisis data kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SD Agnes-Teresia Padang. Instrument penelitian berupa observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian setelah siklus I pada perencanaan mencapai 78,35%, dan pada siklus II mencapai 92,84%. Pelaksanaan dari aspek guru mencapai siklus I mencapai 70% sedangkan siklus II mencapai 91,25%. Pelaksanaan dari aspek siswa mencapai 66,25% dan pada siklus II mencapai 92,5%. Sementara pencapaian dalam hasil belajar siklus I adalah 66,76 dan pada siklus II adalah 78,19. Dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Model Problem Based Learning (PBL), Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Putra Albestin
Date Deposited: 12 Aug 2025 07:34
Last Modified: 12 Aug 2025 07:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20649

Actions (login required)

View Item
View Item