Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SD Negeri 14 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman

Rosnita, Emilia (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SD Negeri 14 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_EMILIA_ROSNITA_95367_2503_2014.pdf] Text
final_B1_6_EMILIA_ROSNITA_95367_2503_2014.pdf

Download (543kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di lapangan bahwa pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 14 Sungai Geringging belum optimal karena guru hanya memberikan hafalan berupa konsep dan belum sepenuhnya melibatkan siswa secara aktif mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen di kelas IV SD Negeri 14 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman tahun ajaran 2012/2013.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam dua siklus empat tindakan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2012/2013. Objek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 14 Sungai Geringging kabupaten Padang Pariaman. Data penelitian diperoleh dari observer, lembar pengamatan, dan tes hasil belajar.
Hasil penelitian dalam penilaian RPP yang rata-ratanya menunjukan peningkatan dari 76,79 % pada siklus I menjadi 87,50 % pada siklus II. Rata-rata aspek guru meningkat dari 69,64 % pada siklus I menjadi 83,50 % pada siklus II. Rata-rata aspek siswa juga meningkat dari 66,07 % pada siklus I menjadi 82,14 % pada siklus II. Hasil belajar siswa yang rata-ratanya 64,43 pada siklus I meningkat menjadi 80,08 pada siklus II. Jadi, pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 14 Sungai Geringging dengan metode eksperimen meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPA, eksperimen, pembelajaran, hasil belajar, RPP, sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 08 Aug 2025 08:37
Last Modified: 08 Aug 2025 08:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20639

Actions (login required)

View Item
View Item