Ayu, Emilda (2013) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) di Kelas IV SD Pertiwi 3 Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_EMILDA_AYU_50769_2504_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_EMILDA_AYU_50769_2504_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_EMILDA_AYU_50769_2504_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Dari pengamatan peneliti terhadap proses pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama pada siswa kelas IV SD Pertiwi 3 guru belum mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan dunia nyata siswa, kemudian pembelajaran belum diawali dengan permasalahan yang nyata bagi siswa. Kondisi demikian mengakibatkan siswa kesulitan dalam menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama sehingga mengakibatkan hasil belajar yang dicapai siswa pada materi tersebut rendah. Karena hal itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan pendekatan RME. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan peningkatan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dengan pendekatan RME di kelas IV SD Pertiwi 3 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, Dilakukan dengan cara bekerja sama antara peneliti dan pengamat. Data penelitian, berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, tes akhir pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Pertiwi 3 yang diteliti berjumlah 20 orang, terdiri dari 10 orang perempuan dan 10 orang laki-laki.
Hasil penelitian siklus I dan II dari aspek penilaian RPP, aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa kelas IV SD Pertiwi 3 adalah sebagai berikut. Rata-rata hasil penilaian RPP siklus I adalah 71.42% dengan kategori baik, Pada siklus II meningkat menjadi 78.57% dengan kategori baik. Rata-rata hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I adalah 71.87% dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 87.50% dengan kategori sangat baik. Pengamatan Aktivitas siswa siklus I adalah 68.75% dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 81.25% dengan kategori sangat baik. Penilaian rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 70.00. dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 82.00. dengan kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan RME pada materi penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Pertiwi 3 Kecamatan Padang Timur Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | RME, pecahan, penjumlahan, hasil belajar, matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mabruri Haulia Fadri |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 08:36 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20636 |